Bagaimana Kontribusi Tampilan Visual dan Teks Terhadap Kredibilitas Website

Salah satu keterampilan yang paling penting dalam masyarakat informasi saat ini adalah kemampuan untuk menentukan kredibilitas informasi yang dapat ditemukan pada World Wide Web (Internet). Pengguna harus dapat memilah-milah sejumlah sumber yang baik dari mereka akan memberikan informasi yang terbaik. Dalam studi ini, 70 peserta menilai kredibilitas website, baik dengan kualitas desain rendah atau kualitas desain tinggi, dan baik dengan kredibilitas rendah atau kredibilitas tinggi.

Halaman web dengan kredibilitas tinggi memiliki isyarat tekstual seperti nama penulis, mandat, dan referensi, sedangkan halaman web dengan kredibilitas rendah tidak memiliki unsur-unsur tersebut dan bahkan iklan hadir pada halaman tersebut. Halaman web dengan desain kualitas tinggi memiliki letak yang sesuai dengan warna dan foto, sedangkan halaman web dengan desain kualitas rendah tidak tata letak foto dan pemilihan warna tidak terorganisir, atau bahkan tanpa warna atau gambar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami jika siswa lebih mengandalkan isyarat tekstual atau visual dalam menentukan kredibilitas situs web, dan untuk memahami jika ini mempengaruhi ingatan mereka terhadap isyarat setelah satu minggu kemudian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika melihat sebuah website dengan kredibilitas rendah, kualitas desain tinggi tidak akan menutupi kekurangan kredibilitas, tapi saat melihat situs dengan kredibilitas tinggi, kualitas desain akan menambah nilai kredibilitas. Hal ini menunjukkan bahwa isyarat tekstual (atau ketiadaan) lebih penting daripada isyarat visual dalam menentukan kredibilitas situs web. Tes ingat juga menunjukkan bahwa persepsi kredibilitas tidak mempengaruhi pemanggilan kembali ingatan peserta baik isyarat visual dan tekstual. Implikasi dibahas dalam kerangka standar melek informasi dan evolusi.

URI:https://repository.library.georgetown.edu/handle/10822/552940

Leave a Reply